Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit – Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting dan salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan berolahraga. Olahraga sangat penting untuk tubuh karena dapat melancarkan metabolisme yang artinya juga bisa membuat kinerja organ tubuh menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai macam komplikasi yang bisa saja terjadi karena tubuh kurang bergerak dan makanan yang kurang dijaga.

tips menjaga kesehatan tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh juga bisa dengan meminum beberapa suplemen yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang tak bisa didapat dari makanan sehari-hari. Suplemen yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah suplemen untuk menjaga kesehatan usus di mana usus adalah salah satu organ pencernaan yang paling penting. Anda bisa mengunjungi link berikut untuk mendapatkan suplemen yang tepat https://www.goapotik.com/produk/lacidofil-1-gram-serbuk-box.

 

Akibat Kurangnya Nutrisi pada Tubuh

Salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memenuhi nutrisi yang bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan. Jika tubuh kekurangan nutrisi, ada beberapa dampak yang data terjadi pada tubuh, bukan hanya soal kesehatan saja akan tetapi juga akan berpengaruh pada pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Beberapa penyakit akibat malnutrisi di antaranya.

  1. Anemia

Anemia atau yang juga disebut sebagai kekurangan darah adalah salah satu hal yang dapat terjadi akibat tubuh mengalami malnutrisi atau nutrisi tidak tercukupi dengan tepat. Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Zat besi diperlukan tubuh untuk memroduksi sel darah merah dan ketika sel darah merah kurang, akan terjadi anemia.

  1. Skorbut

Skorbut adalah penyakit yang diakibatkan oleh malnutrisi di mana tubuh kekurangan vitamin C. Vitamin C penting untuk memproduksi kolagen yang diperlukan oleh jaringan kulit, otot, pembuluh darah dan juga tulang. Rupanya kekurangan vitamin C bukan hanya sebabkan masuk angin saja yang juga membuat pilek, di mana ketika sudah terserang pilek anda memerlukan obat hidung mampet dan hidung meler agar cepat sembuh.

Di atas adalah beberapa penyakit yang bisa terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi atau disebut malnutrisi. Bisa juga sebabkan beberapa masalah yang lebih serius dari kedua penyakit di atas.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa untuk menjaga tubuh kita harus menkonsumsi makanan bernutrisi dan berolah raga. Namun ternyata tidak cukup hanya itu saja, masih banyak hal yang harus kita lakukan agar tubuh tetap fit dan jauh dari penyakit. berikut beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tubuh kita tetap fit dan bugar.

 

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Makan dengan porsi yang tepat

Hal yang satu ini kadang kurang kita perhatikan, padahal ini sangat penting. Seringkali kita makan hanya untuk memenuhi tuntutan perut, sehingga kita tidak lagi memperhatikan takaran yang pas. Bagi mereka yang sudah mengalami kegemukan sangat dianjurkan makan dengan karbohidrat yang rendah. Selain itu perlu diperhatikan pentingnya mengkonsumsi aneka sayuran yang sangat diperlukan oleh tubuh. Misalnya seperti brokoli, bayam, kangkung, paprika, dan jenis sayuran lainnya. Karena sayuran mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain sayuran, kita juga wajib mengkonsumsi buah-buahan. Tidak perlu yang mahal, cukup buah-buahan yang ada di sekitar kita dan mudah didapatkan. Mislanya seperti jeruk, mangga, apel, nanas, dan buah-buahan lainnya

2. Minum air putih secukupnya

Air adalah elemen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan minum air yang cukup dan ideal maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan lancar. Dalam satu hari setidaknya kita usahakan minum air sebanyak delapan gelas. Dan itu bisa lebih kalau kita banyak melakukan aktifitas seperti berolah raga atau kegiatan fisik lainnya.

3. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi

Salah satu tips menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Beberapa buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan mengandung banyak serat. Makan berserat terbukti bisa melindungi tubuh dari serangan bakteri. Di samping itu juga bermanfaat untuk kelancaran metabolisme tubuh, sehingga buang air besarmenjadi lancar

4. Tidur dan istirahat secukupnya

Agar tubuh tetap fit dan bugar, maka kita harus memperhatikan waktu istirahat. Bagaimanapun tubuh mempunyai kerterbatasan, sehingga kita tidak boleh memforsir tubuh. Jam tidur yang kurang bisa menyebabkan berbagai penyakit misalnya yang sering terjadi adalah merasa pusing. Sebaiknya kita tidur tidak kurang dari tujuh jam dalam sehari. Bila kurang dari itu maka tubuh kita akan mudah terserang penyakit. Karena tidur itu sendiri juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh

5. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Riset membuktikan bahwa merokok mengakibatkan banyak penyakit. Misalnya sesak napas, jantung, dan yang lebih parah bisa mengakibatkan kematian. Juga jauhi minuman beralkohol, karena alkohol terbukti bisa merusak hati, ginjal, hingga menyebabkan kanker.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa kami sampaikan…

Semoga bermanfaat…

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *