teknologi
14 Komentar

Bangun Server Multimedia Pribadi Gratis dengan NAS 

Server Multimedia Pribadi Gratis dengan NAS

Saat ini, ada banyak orang yang bergantung pada penyimpanan cloud gratis. Anda mungkin salah satunya? Ya, cloud gratis memang menjadi salah satu pilihan penyimpanan instan, terutama dalam mencadangkan file foto serta video yang diambil menggunakan smartphone atau kamera profesional.

Salah satu layanan cloud populer adalah Google Foto. Sayangnya per tanggal 1 Juni 2021, Google mengumumkan berhenti memberikan penyimpanan gratis untuk foto berkualitas tinggi.

Selain itu, jika akun Google Anda tidak aktif atau melebihi batas penggunaan 15GB selama 2 tahun, Google berhak menghapus foto tanpa pemberitahuan sebelumnya. Akhirnya, Anda sebagai pengguna hanya memiliki 2 pilihan. Berhenti menggunakannya atau membayar biaya berlangganan agar tidak kehabisan ruang penyimpanan. Atau, Anda kembali pada penyimpanan konvensional, menggunakan HDD eksternal. Namun, apakah ini solusi terbaik ?

Server Multimedia Pribadi Gratis dengan NASAlternatif Penyimpanan yang Bisa Anda Pilih

Kembali menyimpan foto di harddisk eksternal memang bisa jadi salah satu pilihan selain memutuskan untuk berlangganan cloud publik. Namun, cara ini tentunya kurang efisien, mengingat Anda harus mencadangkan file atau data secara manual. Jadi, Anda harus membawanya ke mana-mana. Belum lagi kemungkinan file corrupted akibat human error atau virus lebih besar.

Nah, ketika kedua pilihan tersebut dirasa kurang cocok, Anda bisa memilih untuk menggunakan perangkat on-premise atau solusi cloud pribadi. Network attached storage atau NAS dapat menjadi solusi alternatif lainnya bagi Anda dalam membangun server multimedia untuk menyimpan file berbagai format, termasuk foto, video, hingga audio secara aman.

Apa itu Synology NAS ?

Network attached storage (NAS) adalah perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung ke jaringan rumah maupun kantor. Dengan menggunakan browser web atau aplikasi seluler, file dalam NAS dapat diakses dengan mudah. Mengapa? Karena berbagai layanan yang disediakan oleh NAS serta sistem operasi DiskStation Manager (DSM).

Synology NAS memiliki aplikasi gratis bagi Anda untuk menyalin foto, video dari smartphone, PC, atau laptop. Selain untuk backup, Synology NAS juga dapat menjadi penyimpanan aman. Semua data terlindungi disertai kepemilikan data sensitif ada ditangan pengguna sepenuhnya.

Solusi Penyimpanan Foto Modern dan Berbagi Data untuk Keluarga

Synology NAS memiliki banyak tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Ada. Misalnya saja Synology DS220j, merupakan tipe NAS yang sesuai untuk Anda sebagai pengguna rumahan. Jenis NAS satu ini umumnya dilengkapi dengan fitur yang lengkap, dapat memenuhi kebutuhan multimedia seluruh anggota keluarga.

Synology DS220j dibekali dengan CPU Realtek RTD1296, DS220j yang memungkinkan Anda sebagai pengguna jadi lebih mudah membuat kategori foto, mengelola file dengan mudah di seluruh gadget Anda. Dengan penyimpanan yang terpusat, berbagi data antar anggota keluarga juga menjadi semakin mudah tanpa harus mengirimkan ulang menggunakan platform messenger.

Manajemen dan Backup Foto Jadi Lebih Mudah

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Synology DS220j sebagai solusi manajemen foto yang luas, lengkap, dan aman. Anda tidak perlu lagi memikirkan masalah vendor cloud publik yang mengganti kebijakan sewaktu-waktu. Apalagi di NAS Synology ini bisa melakukan backup secara otomatis untuk melindungi file multimedia.

Menggunakan NAS dari Synology akan membuat pengalaman melakukan penyimpanan data jadi lebih mudah dan bebas khawatir. Anda bisa terlepas dari drama hardisk eksternal rusak ataupun smartphone tiba-tiba mati. Semuanya tidak lagi jadi masalah. Selain itu, Anda pun bisa melakukan pengaturan agar seluruh keluarga dapat mencadangkan semua foto dan video dari smartphone yang berbeda ke dalam satu NAS terpusat.

Membuat Layanan Media Streaming Sendiri Tanpa Mengeluarkan Biaya

Anda suka menonton film? Ingin menonton film favorit Anda dengan mudah? Jika menggunakan Synology NAS, Anda tak perlu berlangganan lagi di tempat lain. Mengapa? Karena NAS dari Synology ini dapat digunakan sebagai aplikasi streaming rumahan lho.

Anda bisa streaming konten digital langsung ke perangkat elektronik favorit Anda. Baik itu komputer, smartphone, Samsung TV, Apple TV, Google Chromecast, serta perangkat DLNA.

 

Jadi, tunggu apalagi, dengan banyaknya manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh Synology NAS, membangun server multimedia pribadi di rumah bukan hanya angan-angan. Operating system yang sangat intuitif, mudah digunakan, dan menjadi investasi jangka panjang lebih efektif ini bisa membuat Anda terlepas dari bayang-bayang penyimpanan gratis dan kemungkinan diretas datanya oleh hacker.

Jika Anda ingin memiliki Synology DS220j sebagai solusi multimedia terdepan Anda, Anda bisa menuju ke link pembelian ini: https://sy.to/awv6f.

 

Tags: , ,
Pos Sebelumnya
Asiknya Menambah Ilmu Lewat Platform Belajar Online Gratis
Pos Berikutnya
Begini Cara Memiliki dan membangun Bisnis Properti Sendiri

More Similar Posts

14 Komentar. Leave new

  • Lho, aku baru tahu klo akun Google tidak aktif selama 2 tahun bakal dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya. Waduh.. Tengkiu inponya, om. 👍

    Balas
    • NAS memang masih menjadi andalan untuk menjadi tempat penyimpanan data. Namun tetap harus diingat NAS membutuhkan keterampilan untuk merawatnya. Tapi dengan teknologi NAS saat ini mungkin sudah meminimalkan kebutuhan untuk merawat secara teknis yang njelimet.

      Balas
  • Keren ya sekarang teknologi, coba ada pas jaman saya kuliah 😁

    Balas
  • Mupeng ya kalau punya ini. Bisa nyimpen data banyak banget. Harus sedia nih buat yang kerja di rumah dan mengandalkan laptop kayak saya. Eh harganya ehem ya pak. Sesuai sih sama manfaatnya. Matur suwun infonya pak. Langsung dicatet.

    Balas
  • bagus nih Synology NAS. Pake HDD ext sampe 2 buah pun bisa beresiko hilang data juga ya

    Balas
  • Yg dimaksud itu Google Drive ya, yg akan dihapus. Maklum gaptek. Bisa hilang semua data2 kita dong, kalo 2 tahun gak aktif dan 15 GB gak terpenuhi.

    Balas
  • Waduh, apakah berlaku juga buat data-data lainnya, misalnya file tulisan?
    Wah, perlu waspada ini. Dan solusinya bisa juga nih gunakan Synology NAS.
    Apalagi kapasitas nyimpan datanya banyak.

    Balas
  • Keren ya pakai NAS. Selama ini kok ya aku masih pakai flash disk aja. Wkwkwk. Thanks insightnya kak

    Balas
  • Selama ini mengandalkan google phote, sih, hehe…
    Dan baru tahu nih ada perangkat ini, sebagai alternatif pengganti ext. HD.
    Cocok banget nih buat yang suka motret. Saya bukan fotografer professional, tapi foto-foto udah mulai banyak di HD.

    Balas
  • Wah bagus juga nih. Saya yang suka dokumentasi foto-foto dlm ukuran yg besar bisa memanfaatkan NAS sebagai alternatif untuk menyimpan foto dlm ukuran yg besar

    Balas
  • Semoga NAS mampu menggantikan penyimpanan di harddisc selama ini yang terkadang menyebabkan beberapa file corrupt dan trobel

    Balas
  • Google mengumumkan berhenti memberikan penyimpanan gratis untuk foto berkualitas tinggi? Waduh baru tahu nih. Untung ada NAS yang bisa dijadikan solusi penyimpanan data. Nice info gan.

    Balas
  • Bagus nih, bisa buat nyimpan data-data buat seluruh hp yang dimiliki semua anggota keluarga. Nggak perlu lagi minta kiriman foto lewat wa yang pastinya di kompres dan kualitasnya jadi menurun.

    Di webnya nggak ada info harganya ya, cuma info bisa dibeli di mana

    Balas
  • Ini praktis juga yaa kak. Pengennya juga gaperlu ngesave apapunn yang dibagi2 ke flashdisk2 kecil kecil wkwkwkwk. Jadi ribet

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Check Featured Posts
Menu