kesehatan
0

6 Cara Agar Mata Tetap Sehat Walau Sering di Depan Layar Komputer

mata tetap sehat

Sebagai seorang blogger yang salah satu kegiatannya adalah menulis, tentu kita sering berada di depan layar komputer ataupun laptop. Mulai menulis, membuat gambar ilustrasi, hingga mengoptimasikan blog, hampir semuanya kita lakukan di komputer. Dan semuanya biasanya kita lakukan dalam waktu yang tidak sebentar. Seringkali kita kita berjam-jam ada di depan layar komputer maupun gadget. Yang tentunya beresiko terkena radiasi radiasi sinar biru.

Nah, tahukan anda bahwa Bekerja di depan komputer mempunyai risiko pada mata ??? Mata yang terlalu lama berhadapan dengan layar dan berurusan dengan radiasi, bisa rusak dalam jangka panjang. Namun, jika anda melakukan hal-hal yang benar, maka hal tersebut bisa dicegah.

Pada tulisan ini, saya akan menuliskan beberapa tips bagi anda yang bekerja sehari-hari di depan komputer. Inilah beberapa tipsnya :

mata tetap sehat
by pixabay.com

6 Cara Agar Mata Tetap Sehat

Jaga jarak

Layar komputer mengandung radiasi yang cukup kuat. Untuk itu, bekerja di depan komputer harus benar-benar menjaga jarak ideal. Jarak ideal untuk bekerja di depan komputer adalah 50 – 100 Cm. Jadi, pastikan tidak kurang dari itu.

Kacamati antiradiasi

Untuk menghalau radiasi dari monitor komputer anda, gunakanlah kacamata antiradiasi. Kacamata ini mampu untuk mencegah kerusakan organ mata karena radiasi. Sangat disarankan bagi Anda yang sering bekerja di depan layar komputer tiap harinya.

Setting kecerahan monitor

Monitor yang terlalu cerah tidak baik dan bisa menyebabkan mata sakit. Maka dari itu, atur sedemikian rupa supaya monitor menjadi redup dan tidak silau. Dan jangan lupa usahakan penerangan di tempat Anda mendapatkan sinar yang cukup.

Konsumsi Vitamin untuk mata

Sering mengkonsumsi vitamin A sangatlah bagus untuk mata kita. Anda bisa mengkonsumsi vitamin A secara rutin untuk menjaga kesehatan mata. Jika anda ingin bahan vitamin yang lebih alami, anda bisa mengkonsumsi wortel.

Cuci wajah

Mata dan bagian wajah lain yang telah lama bekerja di depan komputer akan merasa sangat tegang. Untuk mencegah ketegangan itu, bisa dilakukan dengan mencuci muka dengan air dingin. Selain untuk mengurangi rasa tegang, juga bisa digunakan untuk refreshing mata. Agar tidak terus menerus menatap layar komputer.

Istirahat Sejenak

Ketika sedang sibuk bekerja maupun dikejar deadline, kita harus tetap menyempatkan waktu beristirahat. Mengistirahatkan mata bisa dengan cara melihat dedaunan yang hijau. Hal tersebut dapat menyegarkan mata anda.

Saya sendiri bekerja di depan layar laptop bisa dikatakan hampir sepanjang hari. Hanya istirahat saat makan ataupun sholat. Sejak tahun 1995 saya sudah bekerja sebagai desain grafis dan jasa editing video. Saat itu saya sudah memakai kacamata minus karena faktor keturunan dari ibu.

Namun sampai sekarang saya masih kuat berada di depan layar komputer dalam waktu lama. Bukan hanya 8 jam saja namun bisa kuat selama 24 jam perhari he.he.. Rahasianya adalah saya berusaha berhenti sejenak tiap satu jam. Entah itu untuk minum atau sekedar gerak badan ringan.

Jadi, meskipun kesibukan sangat menumpuk dan dikejar deadline, kita harus tetap menjaga pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah sakit. Dimulai dengan pola makan, pola istirahat dan juga olahraga. Selain itu, hindari stress yang dapat menurunkan kualitas kehidupan.

Tags: ,
Pos Sebelumnya
Dijamin Praktis, Registrasi Internet Banking Lewat BRImo BRI
Pos Berikutnya
Model Rumah Minimalis Sederhana Beserta Budget Yang Harus Dimiliki

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Check Featured Posts
Menu