Finansial
0

Cara Membuat Catatan Keuangan Pribadi yang Baik dan Benar

Catatan keuangan pribadi penting untuk mengatur pembukuan dan berguna sebagai laporan. Dengan membuat catatan keuangan seseorang akan lebih jelas mengetahui pengeluaran dan pemasukan uangnya. Dari catatan itu juga seseorang bisa membuat rencana untuk kelangsungan hidup di masa depan. Kondisi finansial seseorang jadi lebih mudah dikontrol dan diketahui lebih mudah. Lalu seperti apa cara membuatnya?

Cara Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Pada dasarnya pembuatan laporan keuangan untuk pribadi sangat mudah dan juga sederhana. Perlu diketahui dan diingat kalau dalam membuat laporan keuangan harus ada 3 bagian utama di dalamnya, aset likuid, investasi, dan aset guna.

  1. Aset likuid di sini merupakan jenis aset atau kekayaan yang bisa dengan mudah dicairkan atau digunakan. Contohnya ada rekening koran, uang yang ada di dalam rekening tabungan bank, lalu ada juga rekening deposito, hingga simpanan emas logam mulia. Semua contoh tersebut adalah aset yang mudah sekali dicairkan ketika dibutuhkan.
  2. Investasi, aset yang merupakan kekayaan yang berupa instrumen investasi. Contohnya ada reksadana, asuransi, jaminan hari tua, dana pensiun, bahkan BPJS Ketenagakerjaan pun masuk pada kelompok aset investasi.
  3. Aset guna adalah aset yang dimiliki pada saat ini dan yang sedang dipakai sekarang. Contohnya ada rumah yang sedang dijadikan tempat tinggal, mobil atau sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari, hingga gadget dan perabotan rumah masuk pada kelompok aset pribadi  atau aset guna.

Lalu apa saja langkah membuat laporan keuangan pribadi?

  1. Buat Catatan Sesuai dengan Jenis Aset

Jika sudah mengetahui rincian jenis aset, untuk mulai membuat sebuah laporan keuangan pribadi hal pertama yang harus dilakukan adalah mencatat secara detail dan teliti apa saja aset yang dimiliki. Jangan lupa untuk membaginya menjadi 3 kelompok utama agar memudahkan penghitungan nanti.

  1. Siapkan Kolom dengan Benar

Laporan keuangan akan lebih mudah jika menggunakan tabel. Kolom sebelah kanan untuk utang dan kolom kiri untuk aset yang dimiliki tadi. Pastikan siapkan juga kolom untuk diisi nilai atau nominal setiap aset. Pada kolom sebelah kanan masukkan semua utang. Baik itu utang jangka pendek yang pelunasannya di bawah satu tahun, utang jangka menengah yang peluanasan maksimalnya 3 tahun, dan utang jangka panjang seperti KPR atau kredit mobil. Masukkan semua dengan teliti dan nama yang sesuai.

  1. Catat Semua Pengeluaran

Jika tabel dari laporan keuangan pribadi sudah jadi, pengelompokkan aset berdasarkan jenis, hingga pencatatan utang sudah jelas, maka selanjutnya tinggal menyesuaikan. Setiap ada pengeluaran dan pemasukan sekecil atau seremeh apapun itu, pastikan untuk memasukkannya pada laporan keuangan yang sudah dibuat.

  1. Urutkan Tanggal

Laporan harus disusun dengan rapi dan terorganisir. Untuk itu saat mencatat transaksi urutkan sesuai tanggalnya. Lakukan ini dengan konsisten dan selalu urut dengan tanggal transaksi. Agar terhindar dari transaksi yang terlewat maka simpan setiap bukti transaksi yang ada.

  1. Gunakan Bantuan Gadget

Membuat catatan keuangan pribadi bisa dilakukan secara manual menggunakan alat tulis. Namun sekarang bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan excel atau aplikasi yang sudah ada templatenya sendiri. Kuncinya adalah melakukan pencatatan dengan konsisten dan urut dengan tanggal. Gadget bisa mempermudah pembuatan laporan keuangan pribadi karena sekarang semakin banyak aplikasi yang menyediakan laporan keuangan secara instan.

Itulah berbagai cara untuk membuat catatan keuangan bagi penggunaan pribadi. Dengan laporan keuangan siapa saja bisa dengan mudah mengetahui pengeluaran mana yang perlu didahulukan dan ditunda. Dengan begitu, kondisi finansial juga menjadi lebih terjaga dan terkontrol dengan baik.

Pos Sebelumnya
Tinggal di Rumah atau Apartemen? Intip Manfaat Tinggal di Apartemen Berikut Ini!

More Similar Posts

Tak ditemukan hasil apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Check Featured Posts

Tak ditemukan hasil apapun.

Menu