Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan Pada Anak

Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan Pada Anak – Seringkali para orang tua kesal melihat anak-anaknya suka jajan sembarangan dan tidak bisa dihentikan. Bukannya apa-apa, yang namanya orang tua pasti ingin anaknya bahagia, kalau pas lagi ada uang sih nggak masalah, namun bagaimana kalau pas kondisi lagi tidak ada uang sedangkan si anak terus-teruan minta uang buat jajan ??? jadi kesal kan.. Belum lagi efek negatif yang timbul akibat suka jajan sembarangan. Misalnya saja jadi sakit perut atau batuk pilek yang dikarenakan jajanan kurang bersih.

Yang namanya anak-anak seakan-akan dikodratkan untuk suka jajan he.he… Lihat saja, walaupun di rumah sudah disediakan jajanan namun seringkali mereka tetap minta jajan. Hal ini memang tidak lepas dari lingkungannya juga. Misalnya saat di rumah dan sedang berkumpul dengan teman-temannya, terus salah satu anak ada yang jajan, tentu yang lainnya akan ikut jajan, seakan tak mau kalah dengan teman yang sudah jajan lebih dulu.

Belum lagi saat di sekolah, bisa kita saksikan di sekitar sekolah pasti banyak pedagang makanan dan minuman kesukaaan anak-anak. Apalagi saat istirahat maupun pulang sekolah, bisa dipastikan mereka menyerbu para penjual jajanan. Dan yang jadi kesukaan anak-anak adalah jajanan jenis minuman atau es yang rasanya manis. Rasanya belum lengkap kalau saat istirahat maupun pulang sekolah tidak jajan dulu.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi kebiasaan jajan pada anak-anak.

kebiasaan jajan

Cara Menghentikan Kebiasaan Jajan Pada Anak

1, Batasi uang jajan dan ajari menabung

Dari beberapa penelitian yang ada, ternyata kebiasaan jajan anak-anak juga tergantung pada uang jajannya. Mereka yang uang jajannya banyak biasanya akan lebih mudah punya keinginan jajan. Untuk itu batasi uang jajan mereka agar tidak jajan sembarangan. Tak kalah penting adalah ajari mereka agar menabung secara mandiri. Belikan mereka celengan sendiri agar makin semangat menabung. Sekarang banyak berbagai bentuk celengan yang lucu dan disukai anak-anak.

2, Memuaskan Anak saat di rumah

Anak-anak yang merasa makanan dan minumannya sudah tersedia di rumah biasanya akan segan bila mau jajan. Mereka yang sudah merasa kenyang karena makanan di rumah akan kecil kemungkinan mempunyai keinginan jajan. Untuk itu bila sudah saatnya jam makan usahakan segera semua tersedia, jangan sampai menundanya.

3. Memberikan bekal yang cukup

Saat akan berangkat sekolah, usahakan memberikan mereka bekal makan atau minum yang cukup. Kalau bisa sesuaikan bekal dengan selera maupun keinginan mereka. Misalnya untuk bekal makan, berikan lauk yang bervariasi setiap harinya. Sekarang sudah banyak produk makanan siap masak yang bisa dijadikan lauk, misalnya saja nugget atau sosis. Dengan dimasak sendiri, di samping terjaga cara mengolahnya juga lebih ekonomis. Untuk minuman bisa kita buatkan sendiri, misalnya saja dari minuman serbuk marimas bikin adem, tidak bikin batuk yang mudah didapatkan di mana saja. Kita bisa membawakan mereka air mineral dan beberapa sachet marimas.

4. Berikan Pengertian resiko jajan sembarangan

Dengan memberikan pengertian resiko jajan sembarangan, maka mereka pasti akan berpikir lebih dahulu. Apalagi sekarang di tv sering ada tayangan investigas tentang makanan yang diolah secara sembarangan. Anda bisa mengajak mereka melihat acara tersebut sambil memberikan pengertian. Hal ini akan membuat anak-anak jadi lebih selektif sebelum memutuskan untuk jajan

5. Perhatikan kesukaan anak-anak

Banyak anak yang suka jajan ternyata dikarenakan mereka tidak suka dengan makanan yang ada di rumah. Untuk itu coba pahami kesukaan mereka terhadap jenis makanan atau minuman jajanan. Bila mereka suka bakso, tidak ada salahnya sesekali waktu orang tua bikin bakso sendiri. Tidak perlu bingung mencari resepnya, karena sekarang mudah dicari berbagai resep jajanan di google. Begitu pula dengan minuman kesukaan mereka. kita tinggal mencari berbagai resep minuman kesukaan anak-anak terus praktek membuat sendiri. Siapa tau makanan atau minuman buatan sendiri lebih disukai mereka. Sehingga mereka akan segan bila akan jajan di luar rumah. Karena merasa sudah ada semua di rumah.

Demikian beberapa cara menghentikan kebiasaan jajan pada anak yang bisa kita terpkan. Semoga anak-anak kita tidak jajan sembarangan karena ini juga menyangkut kesehatannya. Baca juga artikel saya lainnya Bangga Menggunakan Jam Tangan Original dan Modis .  Atau juag Queen Apple Malang Bersama Farah Quinn Launching Varian Rasa Baru.

Semoga bermanfaat, terima kasih..

Save

Save

Save

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *