Cara Membuat Server Lokal di Komputer Sendiri

Cara Membuat Server Lokal di Komputer Sendiri – Apa kabar sobat-sobat ngopisantai, baik-baik saja kan.. sehat-sehat saja kan.. 🙂 kali ini saya akan membahas cara membuat sever lokal atau localhost di komputer sendiri. Mungkin sudah banyak artikel-artikel tutorial di berbagai blog atau web yang sudah membahas soal ini. Namun saya ingin berbagi tutorial ini karena ada beberapa rekan blogger yang bertanya cara membuat server pribadi di komputer sendiri. Entah itu di PC ataupun di laptop.

Sebelum saya bahas lebih jauh, mungkin ada yang krang paham apa itu server local atau localhost. Secara umum pengertian localhost adalah sebuah program atau aplikasi yang dapat menghubungkan beberapa data yang terdapat pada komputer dalam bentuk link yang dapat di jalankan secara offline. Kalau secara online yang disebut server adalah tempat penyimpanan berbagai file pendukung website.

Terus apa gunanya kita memasang localhost di komputer ??? banyak sekali.. misalnya kita ingin membuat sebuah web yang ber platform wordpress. Maka kita bisa mencoba dulu mengoperasikan atau mengutak-atik web tersebut di komputer kita sendiri tanpa memerlukan koneksi internet. Caranya ialah dengan menginstall wordpress pada komputer dengan perantaraan suatu aplikasi atau sofware khusus untuk membuat localhost. Bukan hanya wordpress saja, namun bisa juga script CMS lainnya seperti joomla, prstashop, opencart. Selain itu juga berbagai script website lainnya.

Beberapa software localhost yang cukup familiar antara lain XAMPP, WampServer, AppServ, Php Triad. Nah, agar tidak terlalu panjang memabhas satu-persatu softwarelocalhost, maka kali ini saya hanya akan membahas cara membuat server lokal atau locahost dengan menggunakan XAMPP. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Server Lokal di Komputer Sendiri

1, Upload dulu software XAMPP, bisa kalian download secara gratis di sini

2. Setelah selesai download, saatnya untuk install XAMPP, dobel kilik filenya

3. Biarkan proses install berjalan, cukup klik next dan next saja 🙂

Cara Membuat Server Lokal di Komputer Sendiri

4. Setelah selesai atau finish akan muncul konfirmasi pilihan bahasa, pilih bendera amerika untuk bahasa ingrris

5. Selanjutnya akan muncul launch software, klik tombol START pada modul Apache dan MySQL saja

6. Selesai sudah… untuk menjalankan silahak ketik http://localhost dan akan muncul tampilan seperti ini, yang berarti program sudah bisa digunakan

7. Untuk membuat database, ketikkan saja http://localhost/phpmyadmin

 

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai

 

baca juga :

Cara Membuat Blog di Blogspot dengan Mudah

baca juga artikel lainnya Bangga Menggunakan Jam Tangan Original

Save

Save

Save

Save

Save

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *