Apa itu Google Local Guides – apa Manfaat Google Local Guide

Di era smartphone sekarang ini pasti sobat-sobat sudah tidak asing lagi dengan Google Maps. Yah, tak salah lagi, google maps merupakan salah satu aplikasi atau fasilitas dari Google yang memuat peta atau lokasi berbagai tempat di seluruh dunia. Bukan hanya memuat titik atau spot lokasi saja, namun juga memuat ulasan atau review serta berbagai foto yang dipasang orang lain.

Mungkin tanpa terasa sobat-sobat pernah memasukkan lokasi suatu tempat, atau mungkin pernah menulis ulasan serta mengupload foto suatu lokasi, nah secara tidak langsung sobat sudah menjadi bagian dari Google Local Guides.

 

Mungkin ada sobat yang belum paham betul apa itu Google Local Guides, semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit penjelasan mengenai google local guide berserta manfaatnya. Sebelum saya lanjutkan, yuk minum dulu Marimas bikin Adem, Tidak bikin Batuk biar segerr.. 😀

Apa itu Google Local Guide ???

Google Local Guide adalah mereka semua yang memberikan kontribusi dengan cara memasukkan posisi suatu tempat baru ke dalam Google Maps. selain itu juga mengulas serta memasukan foto atau gambar lokasi tersebut, dan ini berlaku di seluruh tempat di muka bumi. Ulasan tempat yang diberikan juga bermacam-macam. Mulai tempat wisata, restoran, kafe, jalan, juga berbagai tempat lainnya. Yang kesemuanya itu dimaksudkan agar bisa memberikan informasi atau kemudahan kepada orang lain yang sedang mencari info suatu tempat.. maaf, agak mbulet.. he.he..

Apa manfaat menjadi Google Local Guides

kalau ditanya seperti ini sebenarnya jawabannya sangat relatif. Tapi bagi saya ini adalah salah satu cara untuk mencari pahala he.he.. Betapa tidak dengan menjadi warga Google Local Guides kita bisa memberikan banyak manfaat kepada orang lain, yaitu orang-orang yang sedang mencari informasi dan keberadaan suatu tempat. Bukan hanya itu saja, info yang kita berikan tidak sebatas pada posisi suatu tempat, namun juga informasi lainnya, misalnya seperti ulasan maupun foto. Semaikin banyak kita mengulas atau me review suatu tempat maka poin kita juga semakin bertambah. Dan dalam hal ini berlaku sistem level. Makin banyak  kita mengulas maupun upload foto, maka makin bertambah pula poin kita, sehingga banyaknya poin mempengaruhi tingginya level atau pangkat kita (kayak tentara saja kita 😀 )

 

Ketertarikan Terhadap Google Local Guides

Awal minat atau ketertarikan saya terhadap Google Level Guides yaitu karena seringnya pergi ke berbagai tempat, terutama tempat wisata. Nah, akhirnya banyak teman-teman yang menanyakan tentang lokasi tempat wisata yang pernah saya kunjungi. Untuk memudahkan menunjukkan lokasinya adalah lewat Google Maps. Berangkat dari sinilah akhirnya tiap saya ke suatu tempat yang saya anggap cukup penting biasanya langsung saya kasih ulasan dan foto, dan bila tempat tersebut belum masuk ke dalam Google Maps maka langsung saya masukkan sekalian memasang foto lokasi tersebut. Jadi bila ada yang menanyakan lokasi suatu tepat, maka saya tinggal share lokasi saja. Bisa lewat whatsapp maupun SMS.

Tujuan utama menjadi google local guides sama sekali tidak bermaksud mencari keuntungan atau apapun. Semuanya bertujuan untuk memberikan atau share informasi yang bermanfaat bagi orang lain, minimal kepada orang-orang di sekitar kita, entah itu keluarga, saudara, teman, maupun tetangga.

Namun beberapa waktu yang lalu saya dapat kejutan karena google local guide ini. Saya mendapatkan email dari google local guides yang isinya berupa diskon atau kupon Airy Rooms yang berupa diskon sampai 50% atau sampai Rp.250.000,- yang bisa dipakai untuk menginap di hotel manapun yang bertanda Airy Rooms, lumayan juga kan… 😀
Kata rekan-rekan semakin tinggi levelnya maka nantinya semakin banyak pula hadiahnya. Namun bukan itu yang saya cari, semuanya hanya sekedar untuk berbagi info saja.

 

Bergabung di Komunitas Google Local Guides

Selama ini saya tidak pernah berpikir kalau ternyata GLG ada komunitasnya. Saya baru mengetahuinya setelah ketemu dengan rekan di salah satu komunitas fotografi yaitu Mas Bambang Afrianto. Kami ketemu di suatu acara sosial yang diselenggarakan seorang teman dari Kota Batu. Nah, saat itu saya lihat mas bambang mengenal kaos Batu Local Guides yang cukup menarik perhatian saya. Akhirnya saya pun minta informasi mengenai komunitas Batu Local Guides, dan mas bambang pun menjelaskan berbagai kegiatan komunitas tersebut. Akhirnya saya ikut bergabung melalui group Batu Local Guide yang ada di Facebook yang diketuai oleh mas bambang sendiri. Alhamdulillah, saya punya komunitas lagi, dan punya teman-teman baru lagi.

malang local guides

Ternyata tidak sampai di situ saja. Saya ini warga Kota Malang, tapi kok bergabung di Batu Local Guides ??? sebenarnya bukan masalah, sebab yang bergabung di BLG ternyata juag dari kota mana saja. Iseng-iseng saya coba cari Komunitas GLG yang ada di Malang Raya , eh ternyata ada juga yaitu Malang Local Guides yang membernya dari Malang Raya dan sekitarnya, tanpa pikir panjang lagi saya langsung ikut bergabung. Dan ternyata lagi-lagi ketemu Mas Bambang he.he.. Ternyata beliau juga ketua di group Malang Local Guides yang ada di FB. 😀 .

Cara Mudah Menjadi Google Local Guides

Mungkin banyak di antara sobat-sobat yang ingin menjadi bagian ataupun berpartisipasi dalam Google Local Guides. Caranya mudah saja kok, yang pasti harus punya smartphone, sebab itulah nantinya yang kita pakai untuk berbagi lokasi, maupun ulasan dan upload foto. Pakai laptop juga bisa, namun sepertinya lebih praktis pakai smartphone android. Selain itu harus mempunyai akun gmail, caranya gampang saja tinggal bikin akun email google. Dan yang pasti harus berusia di atas 18 tahun serta bersedia mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan oleh Google Local Guide. Dan silahkan langsung melakukan aktifitas di seputar google maps.

Bila sobat ingin mengenal lebih jauh Google Local Guides, silahkan sekalian saja join di webnya, di sana nanti kita bisa ketemu member GLG lainnya dari seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, kita juga akan mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Gooogle Local Guides, langsung saja ke TKP
https://maps.google.com/localguides
https://www.localguidesconnect.com/

Baklah demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Apa itu Google Local Guides ??? apa Manfaat Google Local Guide, terima kasih atas kunjungan sobat dan membaca artikel ini
semoga bermanfaat…
Terima kasih.. salam sukses…

Save

Save

Save

Save

Save

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *