Ngeblog Pakai Blogger atau Wordpress ??? Pilih Yang Mana ???

Ikut suatu komunitas memang mengasikkan. Seperti halnya saya ikut komunitas fotografi, saya makin banyak nambah ilmu fotografi. Begitu pula saat ikut salah satu komunitas blogger yang ada di Kota Malang yaitu Malang Citizen. Banyak hal yang saya suka dari komunitas blogger Malang ini. Salah satunya adalah saling sharing antara satu sama lainnya.Kebetulan kami punya group di Whatsapp, sehingga kami bisa chatt setiap saat. Selain itu kami juga sering ngumpul ngopisantai.com sambil sharing apapun seputar dunia blogging serta informasi umum yang lainnya. Sehingga gak ada bosannya bergabung dengan Malang Citizen he.he..

Nah, suatu hari saya dapat pertanyaan dari salah satu rekan begini "Om, sebaiknya kalau ngeblog Pakai Blogger atau Wordpress ???" langsung saja saya jawab "pakai platform blogger atau wordpress sama-sama bagus, yang penting adalah kontennya" nampaknya jawaban tersebut kurang memuaskan. Kebetulan ada juga teman dan tetangga yang ingin belajar ngeblog dan sedang bingung memilih platform yang akan digunakan, mereka masih ragu-ragu memilih antara blogger dan wordpress . Nah, mungkin penjelasan saya berikut ini bisa memberikan sedikit pencerahan he.he..
Baiklah, langsung to the point saja yaa..




Ngeblog Pakai Blogger atau Wordpress ??? Pilih Yang Mana ???


Seperti kita ketahui bahwa rata-rata blogger yang ada di Indonesia bahkan mungkin di seluruh dunia selama ini sudah akrab dan tidak asing lagi dengan kedua platform blog yaitu blogger dan wordpress . Padahal sebetulnya selain kedu platform tersebut masih banyak lagi jenis platform blog lainnya. Namun nampaknya yang sudah sangat familiar di dunia online adalah Blogger atau Blogspot dan Wordpress. Kalau blogger atau Blogspot hanya ada satu satu yaitu salah satu fasilitas gratis milik Google. Sedangkan wordpress itu ada dua yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org , lantas apa bedanya kedua macam wordpress ini ?? apa yang membedakannya  ???
  1. Wordpress.com adalah platform blog gratis yang disediakan oleh pihak WP
  2. Wordpress.org adalah platform blog WP yang untuk membuatnya harus mempunyai domain dan hosting sendiri
Dalam hal ini akan saya bahas yang sama-sama gratis yaitu antara platform Blogger dan Wordpress . Baiklah akan saya bahas satu persatu.


PLATFORM BLOGGER.COM

Blogger atau Blogspot merupakan layanan blogging gratis milik Google yang merupakan salah satu raksasa internet. Untuk punya akun di blogger.com caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mendaftar email di Gmail. Bila sudah punya akun email Gmail tersebut maka secara otomatis kita bisa menikmati semua layanan yang disediakan oleh google seperti Googleplus, Googledrive, Email Gmail, dan tentu saja Blogger.com atau Blogspot.
cara membuat blog gratis blogspot
Blogger.com pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh suatu perusahaan internet yang bernama PYRA LABS. Sseiring berjalannya waktu pada tahun 2003 blogger.com diakuisisi oleh Google yang pada selanjutnya berkembang pesat ke seluruh dunia termasuk Indonesia hingga sekarang

Kelebihan Platform BLOGGER.COM

  1. Cara memiliki cukup mudah, cukup daftar email di Gmail.com otomatis mendapat fasilitas blog Blogger atau Blogspot
  2. Satu akun Google bisa dipakai untuk membuat hingga 100 blog dengan format  alamat blog http://namablog.blogspot.com
  3. Kapasitas hosting 15 Gb, sehingga kita bisa membuat atau posting artikel sebanyak-banyaknya termasuk gambar yang ada di dalam postingan.
  4. Tersedia banyak pilihan widget dan layout yang mudah dipelajari serta dimodifikasi.
  5. Bisa menggunakan template yang sudah tersedia dengan berbagai pilihan. Namun bisa juga menggunakan template gratis atau berbayar dari luar yang penyedianya banyak sekali. Udah gitu kita bisa mengutak-atik lagi desain template sesuai dengan keinginan kita.
  6. Bebas memasukkan kode html atau widget sesuai dengan keperluan.
  7. Terintegrasi otomatis dengan Google+ dan Google Adsense, sehingga hal ini menjadi peluang kita untuk menghasilkan pendapatan dari blog yang kita kelola (harus memenuhi syarat Google Adsense)
  8. Karena menggunakan banyak server milik Google maka tidak mudah down, keamanan terjamin (selama ini belum pernah ada kejadian pembobolan server Google), dan mudah diakses dari manapun di seluruh dunia.
  9. Alamat blog bisa kustom dengan domain berbayar atau TLD (misal:.com .net .org .id) dimana settingannya juga sangat mudah.

baca juga Update Template Default Blogger 2017 Lebih Elegant

Kekurangan Platform BLOGGER.COM :

  • Kita tidak mempunyai kewenangan sepenuhnya terhadap blog kita.
  • Sewaktu-waktu blog bisa ditutup oleh pihak google bisa terindikasi menyalahi aturan google tanpa pemberitahuan dahulu.
Dari tulisan diatas bisa ditarik kesimpulan kalau platform blogger.com cocok dipakai oleh mereka yang baru mulai ngeblog, juga mereka yang suka utak-atik desain dan kode html. Dan yang pasti juga cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.


PLATFORM WORDPRESS.COM

Sejak dulu wordpress.com merupakan platform blogging yang tidak sedikit penggunanya. Hal ini karena ada beberpa fasilitas yang dimilikinya yang tidak dimiliki oleh platform blog lainnya.
cara membuat blog gratis wordpress

Kelebihan Platform Wordpress.com :

  1. Untuk memilikinya kita bisa daftar gratis dengan memakai email apa saja.
  2. Bisa menggunakan theme (template) yang sudah disediakan, jumlahnya juga lumayan banyak
  3. Tersedia banyak plugin untuk mendukung blog.
  4. Bisa posting banyak artikel
  5. Server cukup stabil, bisa dikatakan jarang down
  6. Adanya sistem Kategori dan Tag untuk artikel
  7. Alamat blog bisa dikustom menggunakan domain berbayar, kalau tidak salah 18$ pertahun.
  8. Tidak hanya untuk blog namun bisa juga diatur sedemikian rupa untuk dijadikan website karena pengaturan menu dan halaman sangat mudah

Kekurangann Platform Wordpress.com :

  • Kita tidak memiliki kewenangan penuh terhadap blog kita
  • Ada iklannya yang tidak bisa kita hapus
  • Kapasitas hosting hanya 3 Gb, tidak sebesar Blogger
  • Tidak bisa dipakai untuk memasang Google Adsense (namun ada fasilitas penghasil uang yaitu WordAds)
  • Alamat blog menggunakan https sehingga tidak bisa dipasang script tertentu
Dari berbagai kelbihan dan kekurangan di atas, maka bisa bisa disimpulkan blog wordpress.com cocok untuk orang terntentu. Misalnya mereka yang hanya ingin menyalurkan bakat menulis, atau juga sekedar ingin blog pribadi untuk buku harian.

KESIMPULAN
Dari berbagai kelebihan dan kekurangan Blogger atau Wordpress pasti kita bisa menarik kesimpulan bahwa untuk ngeblog sebaiknya pakai platform yang mana. Sebab tiap orang yang ingin membuat blog pasti punya tujuan yang berbeda-beda. Kita tidak bisa menilai mana yang paling baik, karena pengalaman tiap orang juga pasti tidak sama.

Manfaat Ngeblog Yang Bisa Kita Dapatkan

Jadi menurut saya bila ingin mengetahui secara persis kelebihan dan kekurangan masing-masing platform, sebaiknya coba membuat blog di blogger atau wordpress ini, kan semuanya gratis. Itung-itung sambil nambah pengalaman. Baru nanti seiring berjalannya waktu, kita bisa menetapkan pilihan platform mana yang akan dipakai untuk selamanya. Yang penting teteap kita utamakan kualitas konten, agar tulisan di blog kita bisa memberikan banyak manfaat bagi seluruh pengunjungnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang platform Blogger dan Wordpress, selanjutnya pilihan ada ditangan Anda.
Hapy bloging .. :)


9 comments:

  1. Mas Assaifi blogger dari malang? Kebetulan saya juga dari Malang dan lagi belajar ngeblog. Tapi belum gabung komunitas blogger kera ngalam. Salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. silahkan mas toni gabung dengan Malang Citizen.. akan segera dibuka pendaftaran untuk member baru di https://www.malangcitizen.com/register/

      Delete
  2. Owwww, gitu to. yaya..... saya baru tahu ternyata bedanya blogspot dan WP lumayan banyak. Hihihihi... Nice info om

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan masing-masing ada kelebihan dan kekurangan.. namun sepertinya keduanya sama-sama powerfull bila untuk ngeblog.. makasih mampirnya mbak fely.. :)

      Delete
  3. Replies
    1. siipp mas selamet.. manfaatkan semua yang ada.. :D

      Delete
  4. Yes. Konten is King.
    Sejauh ini pakai keduanya memang lebih oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas ale.. yangutama adalah konten.. boleh pakai platform apa saja.. yang penting tetap konsisten..

      Delete
  5. Kalau aku dari dulu suka WP karena interfacenya gampang dan "clean". Sebenarnya blogger seru sih, themesnya banyak dan lebih bagus2, tapi nggak tau kenapa aku nggak begitu nyaman ngeblog di blogspot. Hihihi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar maupun follow blog, pasti saya kunjungi balik dan folback. Komentar dengan link hidup, iklan, dan spam, terpaksa kami hapus
matur nuwun :)

Powered by Blogger.