Manfaat Minum Kopi Yang Harus Diketahui



Kopi, ngopi, dan ngopisantai.. inilah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan saya. Saya sudah mulai minum kopi sejak usia sekolah SD. Hal kebetulan karena kebiasaan yang ada dalam keluarga. Ayah saya adalah seorang penggemar kopi, begitu juga dengan ibu. Salah satu kebiasaan dalam keluarga dulu setiap pagi Ibu selalu menyiapkan kopi untuk Ayah dan membuat lagi kopi dalam cangkir besar yang diminum bersama-sama, sehingga kami menyebutnya "kopi umum". Karena kebiasaan minum kopi dalam keluarga inilah hingga sekarang saya jadi seorang peminum kopi. Dan yang paling favorit adalah kopi tubruk apapun jenis kopinya, boleh arabika ataupun robusta.

Ayah yang kebetulan sebagai pedagang sering membeli kopi yang termasuk kualitas terbaik  di pasarGadang Malang. Bukan hanya kopi yang dibeli di bpasar saja, namun juga memakai kopi yang cukup terkenal di Kota Malang yaitu Kopi Bubuk Sido Mulia yang sudah terkenal itu.



Untuk mendapatkan kopi bubuk Sido Mulia cukup mudah. Biasanya diwarung-warung kelontong yang ada di Malang bisa dipastikan jual kopi ini, sebab banyak yang menyukainya. Biasanya kopi ini dijual dalam bentuk kemasan 50 gr. Namun bila ingin membeli varian lainnya bisa datang langsung ke Toko Kopi Sido Mulia yang ada di Pasar Klojen Malang, tepatnya di Jl. Cokroaminoto 2 Klojen Malang.

Kopi sudah menjadi minuman favorit banyak orang. Mulai yang muda hingga sampai yang tua. Kopi adalah bahasa pergaulan yang sangat universal. Sehingga istilah ngopi bareng sering kita dengar, terutama dikalangan anak muda yang suka nongkrong di kafe. Banyak orang yang suka minum kopi dengan berbagai alasan. Misalnya, kopi menjadikan pikiran lebih fresh, dan meningkatkan mood suasana hati. Tak heran bila kopi diminum di pagi hari sebelum memulai berbagai aktivitas.

Selain menjadikan pikiran fresh dan menghilangkan kantuk, ternyata kopi juga mempunyai banyak manfaat yang belum kita ketahui. Berikut bebarapa hal manfaat minum kopi yang perlu kita ketahui.

 Manfaat Minum Kopi


1. Mencegah dan Mengatasi Depresi

2. Meningkatan Memori Otak

3. Meningkatkan Kinerja dan Performa

4. Membantu Mencegah Diabetes

5. Mencegah Penyakit Parkinson

6. Kopi Menurunkan Resiko Kanker

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh dan Menurunkan Berat Badan

8. Kopi Tinggi Kandungan Antioksidan

9.  Menurunkan Risiko Alzheimer

10. Membantu Menurunkan Resiko Stroke

11. Mencegah Gigi Berlubang

12. Kopi bermanfaat untuk meningkatkan energi dan bisa membuat lebih cerdas. Selain itu, kopi juga bisa mengurangi rasa lelah, dan menimbulkan semangat.

13. Kandungan kafein di dalam kopi mampu meningkatkan performa fisik, meningkatkan adrenalin di dalam tubuh.

14. Kopi memiliki kandungan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Satu gelas kopi memiliki kandungan setara dengan 1.8 gram serat. Dalam sehari, jumlah serat yang dibutuhkan tubuh yaitu 20-38 gram.

15. Minum kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit encok. Sebuah penelitian dengan melibatkan 50.000 pria menunjukan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko terkena encok.

16. Kopi bermanfaat untuk mencegah penyakit batu empedu. Penelitian pada tahun 2002 di Harvard menemukan kesimpulan penelitian bahwa wanita yang minum kopi mampu menurunkan risiko penyakit batu empedu. Hal ini juga berlaku bagi para pria berdasarkan studi lainnya yang telah dilakukan.

17. Minum kopi berkhasiat untuk meningkatkan stamina, kandungan kafein di dalam kopi mempengaruhi kinerja sel tubuh, yang menimubulkan perasaan segar di tubuh lebih lama.

18. Kopi dapat menjaga kesehatan mulut. Hal itu karena kopi memiliki sifat anti bakteri yang berguna untuk kebersihan di mulut.

19. Kopi bermanfaat untuk meningkatkan mood, dimana banyak orang yang tidak sadar merasakan lebih ceria setelah minum kopi.

20. Kopi dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Penelitian menunjukan bahwa kandungan kafein di dalam kopi bermanfaat untuk meminimalisir kerontokan pada rambut. Kandungan antioksidan di dalam kopi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala.

Efek Samping Minum Kopi
Kopi juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai, yaitu:

1. Minum kopi (apalagi dalam jumlah banyak) bisa menyebabkan susah tidur (insomnia), muncul sakit kepala, mudah gugup, bahkan bisa cepat marah ketika Anda minum kopi terlalu banyak.

2. Wanita hamil hendaknya menghindari kopi, karena bisa berakibat buruk yang terutama pada janin yang dikandung. Ibu hamil bisa mengganti minum kopi menjadi minum teh.

3. Minum kopi bisa menyebabkan detak jantung lebih cepat. Sehingga bagi Anda yang memiliki masalah pada organ jantung hendaknnya menghindari minum kopi. Atau jarang-jarang saja minum kopi.

4. Kopi dapat mengakibatkan munculnya gejala sakit maag, karena kandungan di dalam kopi bisa meningkatkan asam lambung.

5. Berlebihan minum kopi justru akan membuat daya tahan tubuh menurun. Hal itu akibat kandungan kafein akan menyerap mineral dan vitamin yang sebenarnya diperlukan tubuh. Kekurangan vitamin dan mineral dapat melemahkan imun tubuh.

6. Bahaya kopi yang cukup serius, jika berlebihan minum kopi dapat membuat tubuh rentan terkena masalah jantung, bahkan stroke.

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry pada tahun 2002, menyatakan konsumsi lebih dari 5 gelas kopi dalam sehari bisa merusak dinding pembuluh darah.

Beberapa Hal Lainnya Yang Perlu Diketahui
Kopi kurang baik diminum sebelum atau sesudah olahraga. Bagi mereka yang sedang mengalami penyakit asam lambung, tekanan darah tinggi dan radang usus maka perlu menghindari minum kopi.

Mengonsumsi kopi dalam keadaan masih cukup panas beresiko mengakibatkan sakit tengorokan, panas dalam dan sariawan.

Memang ada kopi dekafein, maksudnya kopi bebas kafein, akan tetapi yang namanya kopi tetap saja memiliki kandungan kafein, sedikit maupun banyak. Mengonsumsi tida cangkir kopi dekafein, maka ini sama saja dengan minum secangkir kopi kafein.

Perlu diketahui, kopi dekafein menggunakan bahan kimia yaitu zat methylene chloride, hal ini bertujuan agar menurunkan kadar kafeinnya.

Kafein itu bukanlah bagian dari rasa pahit pada kopi. Sehingga sebuah kesalahan, ketika menganggap semakin pahit rasa kopi maka semakin tinggi kafeinnya.

2 comments:

  1. Enak kopi robusta atau arabika mas?
    :D

    ReplyDelete

  2. Artikel yang bagus untuk jadi pelajaran...
    Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan, kafein yang terkadung dalam kopi berarrti meningkatkan Bahaya minum kopi secara tidak langsung? bagaimana dengan orang yang merokok, tentu ini menjadi lebih berbahaya karena Bahaya merokok sangat banyak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar maupun follow blog, pasti saya kunjungi balik dan folback. Komentar dengan link hidup, iklan, dan spam, terpaksa kami hapus
matur nuwun :)

Powered by Blogger.