Serunya OPPO Selfie Tour 2017 #TourDeMalang - F1s Selfie Expert



Dalam kehidupan sehari-hari pasti banyak momen tak terduga yang ingin kita abadikan. Baik itu untuk pribadi, keluarga, maupun orang-orang disekitar kita. Misalnya saja saat jalan-jalan berwisata atau saat acara ulang tahun, pasti kita ingin mengabadikannya lewat gambar dengan hasil yang sebagus-bagusnya. Nah, untuk semua itulah diperlukan perangkat fotografi yang handal dan mumpuni agar nantinya menghasilkan gambar yang maksimal. Kita bisa saja memakai kamera DSLR atau prosummer, namun siap-siap saja merogoh kocek yang dalam. Terus kita harus pakai apa ??? ya cukup memakai peralatan yang pasti kita punya, yaitu kamera HP he.he.. Bagaimana hasilnya nanti ??? ya tegantung kualitas HP atau smartphone nya, ya nggak :D

Berbicara masalah kamera HP tentu tak ada habisnya. Saat ini hampir semua HP atau smartphone berbasis Android sudah dilengkapi dengan kamera. Bahkan akhir-akhir ini semakin banyak kamera HP yang dengan pixel tinggi yang katanya bisa menghasilkan foto terbaik. Apa benar demikian ???? belum tentu.. sebab semua juga tergantung perangkat dan software yang ditanam di dalamnya. Bicara mengenai kamera HP baru-baru ini saya mendapat undangan even OPPO yang saya dapat dari teman blogger Malang Raya. Acara ini dikemas dalam even OPPO Selfie Tour 2017 with F1s Selfie Expert yang diselenggarakan pada hari Selasa (24/01/2017) bertempat di Monopoly Cafe Malang.



Tepat jam 12.00 WIB setelah sholat dzuhur saya menuju ke Cafe Monopoli yang berada di kawasan Blimbing, tepatnya di Jl. Soekarno Hatta No. 28, Mojolangu, Lowokwaru, Malang. Dengan mengendarai si revo motor kesayangan, agak saya kebut karena takut ketinggalan acara. Alhamdulillah, ternyata acara belum dimulai, beberapa rekan blogger Malang yang tergabung dalam Malang Citizen sudah terlebih dulu hadir di sana.

Langsung saja saya menemui Mas Angga selaku EO even OPPO di Malang. Setelah registrasi ulang saya menghampiri meja rekan-rekan MC dan menyalami mereka satu persatu. Karena pembukaan acara masih lama, maka saya sempatkan ngopi santai dulu, apalagi sudah lama ingin mencicipi kopi khas Kafe Monopoli Malang. Tak lama kemudian pesanan saya datang berupa secangkir cappucino.

Sambil menunggu acara dimulai saya ngobrol dengan rekan-rekan lainnya, teruma mebicarakan seputar blog. Tak lupa kami juga berkenalan dengan peserta lainnya yang kebanyakan dari campus dan oppo community serta dari beberapa media elektronik dan online. Setelah menunggu beberapa lama tepat jam 13.00 WIB acara OPPO Selfie Tour 2017 dibuka. Diawalai dengan pembukaaan yang dibawakan oleh pembawa acara

Melangkah ke acara sesi pertama dibawakan oleh bapak Aryo Meidianto Aji, beliau perwakilan dari OPPO Indonesia. Mengawali pembicaraannya belau menuturkan bahwa ini sudah ketiga kalinya berada di Malang. Dalam setiap kesempatannya beliau selalu membawa dan memperkenalkan produk terbaru dari OPPO. Seperti pada tahun 2015 memperkenalkan R7 series, lalu tahun lalu di Raisa Hamdmade Tour membawa produk eksklusif bertanda tangan artis Raisa dan di belakang bertuliskan Raisa Phone. Ini merupakan edisi spesial dan hanya tersedia 6rb unit saja.

Nah, berbeda pada kwartal pertama tahun 2017 ini, melalui acara OPPO Selife Tour 2017 bapak Aryo memperkenalkan produk terbarunya di seri F1s atau bisa dikatakan ini merupakan produk upgrade dari F1s. Jika F1s sebelumnya dibekali RAM 3GB, F1s terbaru 4GB. Di ruang penyimpanan juga bertambah dua kali lipat, dari 32GB menjadi 64GB.

Pada sektor kamera masih sama seperti seri pendahulunya. Namun, berbekal kamera depan 16 mega pixel itu sudah termasuk terbesar di kelasnya. Besaran megapixel akan terlihat jelas ketika kita melakukan hasil pencetakan fotonya.

Tak hanya besar di megapixelnya saja, OPPO menciptakan kamera yang mampu memperoleh hasil lebih baik dan natural. Dengan dukungan sensor sebesar 1/3.1 inchi -kamera smarphone pada umumnya hanya memiliki 1/4 inchi- dan dibekali bukaan diafragmanya sampai F/2.0.



Apa itu OPPO Selfie Tour

OPPO merupakan salah satu produsen smartphone premium yang pada tahun lalu mengeluarkan lini seri Selfie Expert. Selfie expert itu adalah lebih dari sekedar sebuah jargon, ketika banyak produsen lain yang membuat perangkat selfie, apa yang mereka katakan itu adalah marketing gimick tapi apa yang oppo katakan adalah bukan marketing gimick. Oke...mari kita bahas mengenai lini serie selfie expert, tahun 2016 pada awal tahun oppo telah melakukan sebuah tranformasi dalam hal tagline, di tahun 2015 ada tagline oppo smartphone kemudian di 2016 jadi oppo camera phone.
Jadi dalam merubah tagline itu sebenarnya momentumnya ada pada saat memunculkan oppo f1 pada tanggal 03 februari 2016, disaat itu juga dikenalkan lini serie yang namanya selfie expert. Jadi selfie expert itu sebenarnya sebuah rangkaian lini serie dimana ada beberapa produk yang ada didalamnya. Kemudian dalam diri lini serie selfie expert ini adalah perangkat kedua yang di perkenalkan, 21 april 2016 telah diperkenalkan yang namanya oppo f1 plus. Jadi kalau bisa di terangkan secara singkat oppo f1 itu kamera depannya 8 mega piksel, kemudian oppo f1 plus berubah menjadi 16 mega piksel. Nah, apa yang terbaru? Yang terbaru kemarin di tanggal 03 agustus 2016 telah di perkenalkan oppo f1s, oppo f1s ini tentunya adalah lini serie selfie expert yang menjadi penutup tahun. Dan di lini serie oppo f1s ini banyak sekali variannya seperti di akhir desember kemarin keluarlah yang namanya Raisa phone.
Raisa phone itu adalah oppo f1s edisi spesial, limited black edition dan dibelakangnya ada tanda tangan Raisa sama tulisan oppo Raisa phone, yang memadukan bahan aluminium alloy berkilau dan pewarnaan hitam pekat, menghasilkan cover logam berwarna hitam klasik. Full black, full metal, baik cover maupun sisi layar, keseluruhan desain berwarna hitam, dengan bezel silver berkilau mengelilingi setiap sudut, membentuk body ponsel yang solid, klasik dan elegan. Oppo Raisa phone ini sangatlah eksklusif, ketika itu dijual Cuma 6000 unit, dan di 6000 unit itu di target dalam satu minggu barang ini harus habis terjual, tapi realitanya dalam kurun waktu tiga hari saja perangkat ini sudah habis dibeli konsumen.
 
Oppo F1s Selfie Expert terbaru
F1s itu memiliki keunggulan di kamera depan, kamera depannya 16 mega piksel, tapi yang oppo jual bukanlah mega piksel besarnya mega piksel akan berpengaruh ketika kita melakukan pencetakan. Tapi yang oppo jual adalah bagaimana menciptakan kamera yang bisa menghasilkan hasil lebih natural, hasil lebih baik. Caranya bagaimana? Yaitu gimana caranya kita memperhitungkan antara algoritma sofwer yang akan bekerja sama dengan perangkat kerasnya.
Oppo F1s ini memiliki sensor yang besar 3,1 inchi, pasti anda bertanya sensor sebesar itu untuk apa sih? Kalau anda pernah dengar yang namanya fotografi, fotografi itu bermain dengan cahaya dengan sensor yang semakin besar maka cahaya yang masuk akan semakin banyak, dan ketika cahaya yang masuk semakin banyak berarti foto yang dihasilkan akan semakin terang. Sensor ini juga berhubungan dengan diafragma yang besar, diafragma untuk kamera depan adalah f 2,0.
So...
Apa sih keunggulan kamera depannya oppo f1s? Selain secara hardware atau teknis. Dan gimana caranya perangkat keras ini dapat bekerja dengan baik, dengan adanya bantuan perangkat lunak. Pada oppo f1s ini ada fitur yang namanya beauty fi 4.0, yang bisa mempercantik hasil foto yang mayoritas disukai oleh koum hawa. sehingga menjadikan hasil selfie anda semakin tambah seru. Angka 4.0 ini benar-benar angka pengembangan. Naah, beauty fi itu ada 7 mode pilihan yang menjadikan gambar lebih natural.
Kemudian ada yang namanya series yoter, kalau sebelumnya teknologi vioter itu membutuhkan aplikasi tambahan, itu akan menyita banyak ruang penyimpanan dan juga menyita banyak ram ketika harus ada 2 atau 3 aplikasi.
Setelah itu oppo f1s juga memiliki fitur scren flash, scren flash ini menjadikan selfie ditempat yang kurang cahaya, itu tidak menjadi masalah. Banyak produsen lain yang memecahkan ketika selfie ditempat gelap menggunakan LED flash atau dengan flash biasa. Tapi LED flash biasanya menimbulkan RED EYE atau matanya akan merah. Dan penggunaan flash yang tidak konstan nyala itu biasanya membuat mata kita merem saat foto karna silau. Tapi dengan scren flash ini akan membantu menggunakan cahaya latar perangkat oppo f1s untuk menerangi wajah. scren Flash itu diperkenalkan mei 2015 jadi sudah lumayan lama.
Banyak sekali pembuktian untuk hal ini, oppo pernah bekerja sama dengan masyarakat fotografi indonesia, yang ketika itu perusahaan oppo menugaskan beberapa jurnalis dari sumatra, sulawesi, jawa, dan bali. Yaitu mereka semua biberi tugas untuk melakukan selfie. Dan teman-teman fotografer yang biasanya menggunakan kamera profesional juga diberi tantangan untuk menggunakan kamera smartphone, jadi mereka harus mengambil foto tapi menggunakan smartphone.
“ jadi selfie menggunakan oppo f1s di tempat yang kurang cahaya, itu hasilnya akan tetap bagus dan natural, jadi anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tempat dan cuaca karna hasilnya akan tetap maksimal”
 
Lalu bagaimana dengan kamera belakang? Pasti banyak orang yang meragukan dengan hasil kamera belakang dari oppo f1s, karna dari tadi yang dibahas adalah kamera depan, di kamera belakang oppo f1s terdapat fitur yang namanya profesional mouth yang kegunaannya untuk mengatur ISO dsb. Hasil kamera belakang dari oppo f1s juga tidak kalah bagus kok dengan kamera depannya. Mungkin anda yang suka nonton konser atau apalah yang berhubungan dengan panggung, pasti disitu cahayanya sangat kurang sekali, ketika cahayanya sangat kurang sekali, ponsel yang digunakan pasti akan lari-lari untuk mencari fokus. Tapi dengan oppo f1s fokusinnya cukup bagus karna konsen fokusnya tidak lari kemana-mana.
Begitu juga ketika disiang hari saat kita hendak melakukan aktifitas potret memotret, biasanya kan fokusnya itu pindah-pindah ketika ada cahaya yang kurang, dan fokusnya akan menghadap pada cahaya yang lebih terang. Tapi yang dilakukan oleh oppo f1s dengan kamera belakang, sangatlah baik, karna tetap bisa menjaga fokusnya untuk tetap pada tempatnya dan tidak akan berubah-ubah. Oppo camera phone bukan hanya bagus di foto tapi juga bagus di video, jadi dengan kualitas kamera ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kita melakukan aktifitas foto maupun vlog video.

Memanfaatkan smartphone oppo f1s untuk vlog video

Kemudian dilanjutkan pemateri kedua yaitu Fatimah Kartini Bohang, KompasTekno Journalist. kenapa saya disini membahas smartphone, karna saya yakin semuanya pasti sudah punya smartphone. Jadi smartphone ini adalah salah satu perangkat teknologi yang berkembang pesat banget. Banyak sekali vendor-vendor yang meluncurkan handphone dengan kamera yang tinggi spesifikasinya seperti oppo f1s dengan kamera depan 16 mega piksel dan kamera belakang 13 mega piksel. Dan di era digital sekarang ini yang namanya smartphone kan gak Cuma buat telfone, sms, chatting dan browsing doang kan? Tapi juga bisa kita gunakan untuk berkarya, bikin konten dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mencari duit.
Naah, selama di tahun 2016 ranah smartphone ini semakin tinggi, terutama dengan bermunculannya para vlogger, jadi bermunculannya para vlogger itu mengikuti berkembangnya smartphone itu sendiri. Dulu di tahun 2008, 2009 smartphone itu kebanyakan digunakan untuk ngetweet. Kemudian ditahun 2011 waktu instagram lagi tren-trennya, ada yang namanya selebgram. Jadi disitu isinya adalah orang-orang yang membuat konten foto kemudian ditaruh di aplikasi instagram dan banyak yang ngelike. Dan mengenai vlogger, akhir-akhir tahun ini banyak orang yang terkenal di youtube dengan membuat konten video sehingga mendapatkan respon yang banyak dari masyarakat pengguna sosial media.
Maka dari itu dalam acara yang bertajuk “selfie tour 2017” mb tini ingin membagikan tipsnya, bagaimana sih caranya bikin vlog yang baik? Dan proses kreatifnya seperti apa? Menurut mb tini secara garis besar itu ada 3 kunci untuk bikin video yang bagus, tentunya untuk semua macam video. Meskipun hanya berbekal smartphone. Karena saat ini kualitas smartphone sudah mampu menandingi kamera profesional, seperti produk oppo camera phone.
Berikut ulasannya:
Pre Production
Pre production ini adalah tahap awal ketika kita bikin vlog. Disini kita harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: vlog ini mau kita jadikan apa? Dan arahnya kemana? Apakah kita mau bikin vlog travelling, kuliner, teknologi, musik, komedi atau cerita kita sehari-hari dll. Karena mungkin merasa hari-hari kita sangat membosankan sehingga membuat vlog tentang cerita sehari-hari. Setelah itu gimana caranya supaya kita bisa mengeluarkan ide tersebut menjadi suatu karya yang baik.
Dan di tahap awal ini masih ada 2 aspek yaitu:
Flow Cart: flof cart itu adalah susunan kegiatan dimana vlog itu dari awal sampai akhir. Simpelnya flow cart itu adalah susunan rangkaian kegiatan yang berurutan dan sistematis.
Story Board: story board ini semacam gambaran kayak angle-angle yang kita ambil seperti apa. Dan yang paling penting adalah tools, kalau kita pake smartphone ya harus bawa power bank pastinya, karna memang kalau ngevlog itu harus banyak konsumsi yang dibawa. Selain power bank yang harus dibawa adalah selfie stick karna nanti bisa digunakan untuk selfie dimana pun berada.

Production
Di tahap production ini kita selesai dengan segala konsep yang sudah direncanakan. Kemudian tinggal eksekusi. Dan dieksekusinya ini salah satu hal yang paling penting adalah:
Just Be Your Self: Setiap diri manusia pastinya kan punya pembawaan, karakter yang kayak gimana gitu, mungkin lucu, humoris dsb. Pokoknya jangan sampai jadi orang lain deh. Jadilah dirimu sendiri dan temukan ciri khas mu.
Fleksible: Jadi di tahap ini selain kita harus jadi diri sendiri, kita juga harus fleksible dan jangan sampai terpaku pada rencana. Karna kadang pada saat kita ngevlog itu dilapangan tidak sesuai rencana. Intinya harus punya gaya kreatifitas yang tinggi.
Stay Classy: Yang dimaksud stay classy disini adalah harus selalu kreatif dan mengexplore hal-hal yang mungkin bisa dilakukan untuk penonton youtube kita. Seperti terlalu monoton baik dari segi teknik maupun gaya.
Post production
 Jadi setelah kita merencanakan vlog kita seperti apa, trus kita bikin vlognya trus kita produksi, hal yang paling terakhir menentukan adalah post productionnya. Disini kita itu melakukan yang namanya editing.
Berikut ulasannya:
Audio: Kita pastikan audionya itu match dengan visualnya, karna gak mungkin kan...kalau suaranya ketinggalan dengan gerak bibir yang diucapkan.
Transisi: Trus transisinya juga harus smooth jangan yang visualnya patah-patah, pastikan kita ngambilnya satu-satu yaah,,,tapi harus di transisinya dengan smooth. Makanya disini pentingnya flow cart dan story board biar kita ngambil angle-angle nya itu bisa kebayang nanti editingnya kayak gimana. Semakin terstruktur flow cart nya pasti editingnya makin gampang.
Text and emoji: kemudian harus dibubuhkan adalah text dan emoji, ini hanya untuk mempercantik video aja sih.
Share: kemudian yang terakhir adalah ketika kita sudah bikin video yang bagus dan editing bagus tapi kalau Cuma dishare di youtube doang kemudian gak ada yang nonton, gak ada gunanya juga kan? Jadi harus konfidens untuk selalu ngeshare karya kita di sosial media seperti instagram, facebook kalau perlu di watsap dan line juga tidak apa-apa biar banyak yang nonton. Karna nanti misalkan kita ngeshare di sosial media yang kita punya, pastinya banyak yang koment dan kritik yang bisa untuk membangun diri kita untuk trus berkarya. Kalau misalkan ada yang koment dan mengkritik itu tandanya ada yang merhatiin loh...yang mungkin ada pengagum rahasia yang selalu menantikan karya-karya kita...hehe
 
Oke,,,itulah materi presentasi dari mb tini yang sangat bermanfaaat sekali bagi saya yang nantinya bisa saya terapkan dalam pembuatan vlog video.
Kemudian disela-sela acara yang bertajuk “selfie tour” itu para peserta diberi kesempatan menggunakan smartphone oppo f1s untuk aktifitas selfie dan vlog video, sekaligus diberi tantangan untuk menghasilkan karya foto dan video yang bagus dengan oppo camera phone. Dan yang bisa menghasilkan karya terbaik akan mendapatkan hadiah oppo f1s selfie expert, menyenangkan bukan?

No comments:

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar maupun follow blog, pasti saya kunjungi balik dan folback. Komentar dengan link hidup, iklan, dan spam, terpaksa kami hapus
matur nuwun :)

Powered by Blogger.