Gejala Dan Langkah Menghindari Penyakit Batu Ginjal

Gejala Dan Langkah Menghindari Penyakit Batu Ginjal – Penyakit Batu Ginjal merupakan jenis penyakit yang pada umumnya disebabkan karena hilangnya keseimbangan pada komponen urin dan berbagai mineral dan asam.

Ketika hal ini terjadi, maka urin akan memiliki lebih banyak zat yang mengkristal dan menggumpal sehingga membentuk batu ginjal. Jika masalah ini terus dibiarkan, maka akan berpengaruh pada kondisi kesehatan yang membuat seseorang sulit untuk buang air kecil.



Jika kita tidak memeriksakannya ke dokter mungkin kita akan sulit mendiagnosa penyakit tersebut, namun ada beberapa gejala yang biasanya terjadi pada orang yang terkena penyakit batu ginjal misalnya nyeri pada sisi tubuh seperti punggung dan bawah pinggul, rasa nyeri akan menyebar hingga bagian bawah atau pangkal paha, urin yang keluar berwarna pink, sering mual dan mutah hingga demam tinggi.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyakit tersebut.

Langkah Menghindari Penyakit Batu Ginjal


1. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang disarankan oleh dokter yaitu minum air putih 2.5 liter perhari atau setara dengan 8 gelas akan menjaga tubuh dari dehidrasi. Terutama bagi yang tinggal didaerah bermusim panas atau yang sering berolahraga, tubuh akan mengeluarkan cairan lebih banyak. Untuk itu, anjuran minum air putih 8 gelas sangat disarankan selain untuk mencegah dehidrasi juga dapat menghindarkan kita dari penyakit batu ginjal

2. Kurangi Makanan Kaya Oksalat

Ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung oksalat seperti bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, coklat dll. Makanan yang mengandung oksalat kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih karena dapat menyebabkan batu ginjal. Anda bisa mengganti menu lain yang lebih berkhasiat bagi tubuh.

3. Diet Rendah Garam dan Protein Hewani

Makanan yang banyak mengandung garam beresiko pada penyakit batu ginjal. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya anda kurangi jumlah asupan garam pada makanan dan juga gunakan sumber protein yang berasal dari non hewani.

4. Hindari Menahan Kencing

Kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan ketika kita beraktifitas yaitu menahan kencing. Pada saat proses penyaringan, jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan oleh kandung kemih harus segera dibuang karena kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya dan hal ini dapat memicu terjadinya filtrasi ginjal.

5. Olahraga Rutin

Selain untuk menjaga tubuh tetap bugar, para ahli melakukan penelitian tentang manfaat olahraga secara rutin yang salah satunya dapat mengatasi obesitas. Salah satu penyebab terserangnya penyakit batu ginjal yaitu karena memiliki berat badan berlebih sehingga diperlukan olahraga teratur, diet sehat dan mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat abdan.

Nah, demikianlah beberapa langkah mudah menghindari penyakit batu ginjal. Semoga dari informasi yang kami berikan diatas dapat bermanfaat bai kita semua dan semoga kita senantiasa terhindar dari berbagai jenis penyakit salah satunya seperti Batu Ginjal.

2 comments:

  1. Memang sekarang kesehatan manusia benar benar terkuras . Memperbanyak minum air putih juga dapat menghindari berbagai penyakit salah satunya penyakit batu ginjal ini. Pokoknya jaga kesehatan aja .

    Tips nya bermanfaat untuk kita sebagai manusia .

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan.. kesehatan itu mahal.. harus dijaga betul-betul..

      Delete

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar maupun follow blog, pasti saya kunjungi balik dan folback. Komentar dengan link hidup, iklan, dan spam, terpaksa kami hapus
matur nuwun :)

Powered by Blogger.