Geliat Kampung Sanan menuju Kampung Wisata di Malang

December 25, 2016

Di tahun 2016 ini banyak terjadi perubahan di Kota Malang, terutama perubahan wajah kota. Sekarang mulai banyak dibangun taman-taman kota yang terbuak untuk umum. Sehingga hal ini bisa dijadikan warga malang sebagai tempat rekreasi walaupun areanya tidak terlalu besar. Begitu pula dengan wajah berbagai wilayah di Malang, bila dulu banyak terdapat wilayah dengan kesan kumuh maka sekarang pelan tapi pasti banyak yang dibenahi sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Sebut saja yang cukup populer yaitu adanya berbagai Kampung Wisata Malang seperti Kampung Warna-warni, Kampung 3D, Kampung celaket, Glintung Go Green dan berbagai wilayah lainnya.



Kampoeng Sanan Tempe

Begitu pula yang terjadi di Kampung Sanan yang berada di wilayah Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing. Kampung yang terkenal sebagai sentra Industri Tempe ini mulai berbenah diri untuk menciptakan wajah kampung yang lebih baik. Para warga mulai banyak yang melakukan penanaman bunga di pot maupun di lahan kosong yang dianggap perlu untuk dihijaukan.





 Warga Kampoeng Sanan ini melakukan upaya penghijauan dengan biaya sendiri atau swadaya tanpa meminta bantuan dari instansi pemerintah maupun pihak lainnya. Dengan kesadaran yang tinggi mereka ingin agar Kampung Sanan Tempe menjadi lebih indah untuk dikunjungi para wisatawan yang datang ke Kota Malang.



Hal ini perlu dilakukan sebab Kampung Sanan sejak dulu selain terkenal dengan tempe nya juga terkenal dengan keripik tempe nya. Yah, semua pasti tahu bahwa keripik tempe malang yang terbaik dan berkualitas tinggi banyak dihasilkan dari kampung Sanan. Hampir setiap hari banyak orang yang datang ke Sanan hanya untuk mendapatkan keripik tempe original maupun keripik tempe aneka rasa. Umumnya mereka adalah para wisatawan maupun mereka yang sedang ada keperluan di Kota Malang.







Kampung Wisata Sanan

Selain upaya penghijauan para warga juga menghias kampung sanan dengan melakukan pengecatan pada rumah masing-masing. Bukan hanya pengecatan saja, namun sekarang warga warga mulai menghias tembok-tembok rumah mereka dengan berbagai gambar maupun motif yang cukup artistik. Mulai dari gambar tokoh kartun, tokoh animasi, gambar bunga serta pemadangan.


Bahkan ada pula yang melukis tembok rumahnya dengan tema kapal laut. Sehingga wilayah ini mendapat sebutan sebagai Kampung Wisata Sanan dan Kampung Lukis Sanan yang bisa kita lihat di berbagai sosial media. Ini dikarenakan banyak warga yang menghias rumahnya dengan lukisan dinding maupun lukisan dinding 3D yang sangat menarik. Yang pasti semua gambar dinding tersebut sangat pas untuk ber foto selfie he..he..



Warga sanan berharap dengan adanya perubahan ini kampung wisata Sanan bisa menjadi suatu kampung wisata tematik yang layak untuk dikunjungi, baik itu kunjungan dari warga Malang maupun dari luar Kota Malang. Selain itu juga berharap agar Kampung Sanan bisa menjadi salah satu cagar budaya yang ada di Kota Malang. Harapan ini tentu saja sangat beralasan. Bila di Sanan Tempe mendapat banyak kunjungan maka pasti akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian warga Sanan yang rata-rata mata pencahariannya adalah produsen tempe dan produsen keripik tempe.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Geliat Kampung Sanan menuju Kampung Wisata di Malang..

Semoga informasi sederhana ini bisa memberikan gambaran mengenai kondisi kampung Sanan sekarang ini...

Wassalam.. terima kasih...
 


sebagian foto diambil dari Kampoeng Sanan Community




You Might Also Like

7 comments

  1. keren nih pak. makin cantik Malang, tapi bedanya yang kampung warna-warni sama kampung sanan dari segi konsep apa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin hampir sama mas sandi, tapi di kampung sanan ada plus nya yaitu wisata edukasi misalnya seperti melihat proses pembuatan tempe maupun keripik tempe. dan rencana ini sedang digodog biar benar-benar mateng :)

      Delete
  2. Wah...malang bakal punya kampung wisata sekelas kampung coklat blitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir seperti itu gan.. namun kalau kampung sanan sejak dulu terkenal dengan tempe dan keripik tempenya... :)

      Delete
  3. Malang makin menggeliat, sadar wisata nya juara banget

    ReplyDelete
  4. Tambah asik kalau cari oleh oleh di sanan

    ReplyDelete

Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.