Topnya Keripik Tempe Malang Tetap dari Kampung Sanan

Mengapa saya bikin judul tentang keripik tempe ??? karena saya lahir dan besar di kampung Sanan Kota Malang, bahkan sampai sekarangpun saya menetap bersama keluarga di Sanan, karena saya sendiri juga di besarkan di lingkungan keluarga pengrajin tempe.





Mungkin di antara pembaca belum tahu Kampung Sanan, Sanan adalah salah satu wilayah di Kota Malang yang terkenal dengan sentra industri tempe nya, tepatnya berada di wilayah Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Malang. Hampir seluruh tempe yang ada di Malang dihasilkan dari Kampoeng Sanan, karena memang di Kampung Sanan mayoritas penduduknya adalah perajin tempe. Sehingga di Sanan sering dijadikan tujuan oleh mereka yang mengadakan penelitian tentang tempe.

Keripik Tempe Sanan Yang Legendaris

Bila dulu umumnya tempe hanya dijadikan lauk tempe goreng atau diolah dengan sayur saja. Namun dalam perkembangannya tempe dijadikan camilan atau snack yang berupa keripik tempe. Bukan hanya itu saja tempe juga dikembangkan dalam bentuk makanan lainnya, misalnya saja sambal goreng tempe dan burger tempe.

Saat ini keripik tempe tidak hanya tersedia dalam rasa original saja, namun sudah berkembang dalam berbagai varian rasa, yang dikenal juga dengan keripik tempe aneka rasa, antara lain rasa balado, keju, barbequ, jagung bakar, pizza, dll

Mengapa keripik tempe Sanan begitu disukai para wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang ??? hal ini dikarenakan ciri khas rasa keripik tempe sanan yang tetap terjaga. Umumnya para produsen keripik tempe menggunakan resep keripik tempe dari para pendahulunya.
 


Untuk bisa menikmati keripik tempe khas Malang ini cukup mudah, anda bisa datang langsung ke kampung wisata Sanan . Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di daerah perkotaan. Kalau dari Terminal Arjosari tinggal ke arah selatan, setelah melewati Lampu stopan Blimbing dan Sulfat akan menemukan gerbang Sentra Industri Sanan.

Gerbang Kampung Sanan - Malang

Di sekitar gerbang tersebut banyak dijumpai ruko yang menjual keripik tempe sanan serta berbagai camilan khas Malang lainnya seperti keripik buah atau bakpao telo. Tidak hanya di situ saja, bila ingin mendapatkan keripik tempe yang masih fresh anda bisa masuk jalan raya sanan. Di kiri kanan kanan jalan akan mudah ditemui toko-toko yang menjual keripik tempe. Tiap toko mempunyai ciri khas rasa sendiri-sendiri yang kesemuanya sama enaknya. Masing-masing produsen keripik tempe tersebut biasanya sudah punya langganan sendiri-sendiri.


Biasanya saat liburan atau hari raya Idul Fitri banyak yang datang ke Kampoeng Sanan untuk berburu keripik tempe. Hal ini bisa ditandai dari jalan raya di sekitar gernang yang pasti macet karena banyaknya mobil dan motor pengunjung. Puncak pengunjung yang akan membeli keripik tempe biasanya saat puasa romadlon hingga setelah hari raya idul fitri. Biasanya mereka berburu oleh-oleh khas malang tersebut untuk dibawa maupun dikirim ke luar kota.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai keripik tempe sanan yang juga menjadi ikon oleh-oleh khas Malang , semoga bermanfaat...

5 comments:

  1. Kampung Sanan memang recommended! Kalo saya ajak teman atau tamu dari luar kota selalu menyempatkan ke sini untuk belanja oleh-oleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak Imaniar.. kebetulan kami sekarang merancang kampung wisata sanan.. kami siap bila ada kunjungan wisata yang ingin melihat demo dan praktek proses pembuatan tempe maupun pembuatan keripik tempe.. :)

      Delete
  2. Baru dengar Kripik Tempe, Owh ya bagaimana cara mendapatkannya? apa sudah beredar dipasaran?

    ReplyDelete
  3. keripik tempe emang tetep nomer satu oleh oleh khas malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo.. kapan Mbak Amma ke kampung Sanan.. ntar saya antar lihat-lihat proses produksi keripik tempe sanan..

      Delete

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar maupun follow blog, pasti saya kunjungi balik dan folback. Komentar dengan link hidup, iklan, dan spam, terpaksa kami hapus
matur nuwun :)

Powered by Blogger.