Beberapa Tips Mendesain Rumah Tropis Minimalis

Beberapa Tips Mendesain Rumah Tropis Minimalis - Indonesia merupakan salah satu Negara yang wilayahnya berada pada daerah tropis sehingga membangun rumah tropis di Negara ini sangat cocok. Mengapa harus rumah tropis, rumah tropis minimalis dibuat untuk melindungi Anda dari akibat iklim tropis, karena daerah tropis sudah pasti hawa nya panas dan membuat gerah. Apalagi jika iklim tropis tiba, suhu akan lebih meningkat daripada biasanya, karena sinar matahari tepat berada diatas wilayah itu.

Banyak sekali rumah yang ada di Indonesia masih belum didesain khusus menjadi rumah tropis, hal ini terbukti dari desain bangunan yang hanya mengandalkan kemewahan tanpa melihat fungsionalitas rumah tersebut didaerah tropis. Jika rumah yang didesain bukan desain khusus rumah tropis minimalis biasanya rumah tersebut didalam nya terasa panas.

source






Bagi Anda yang ingin merombak rumahnya atau mendesain ulang rumahnya menjadi rumah tropis, di bawah ini ada beberapa langkah mendesain rumah tropis minimalis yang mudah. Sebenarnya rumah tropis ini lebih menonjol pada penambahan furniture tertentu, apa saja itu.

Penataan Ruang ventilasi Udara dan Cahaya

Rumah tropis lebih banyak didesain dengan memperbanyak jumlah atau memperlebar ruang ventilasi udara dan juga cahaya sinar matahari. Didesain sedemikian rupa supaya didalam rumah mendapatkan udara yang sejuk. Ruang ventilasi yang lebar akan memudahkan cahaya sinar matahari bisa masuk begitu juga dengan udara segar diwaktu pagi bisa memasuki setiap ruangan yang ada di dalam rumah, Dengan demikian rumah tersebut akan bebas dari hawa yang panas.

Melengkapi Ruangan dengan Hiasan Tanaman

Selain desain rumah tropis yang menonjol pada ventilasinya juga ada penambahan furniture berupa tanaman hias. Tanaman hias disini bukanlah tanaman yang mati akan tetapi tanaman yang hidup. Menghiasi ruangan dengan tanaman hias bisa memberikan nuansa seakan sedang berada didaerah pegunungan yang asri dan sejuk. Perpu diperhatikan penempatan tanaman hias harus di letakkan pada tempat yang sesuai serta tidak terlalu berlebihan menempatkan tanaman hias didalam rumah.

Warna Desain Rumah Tropis

Warna yang cocok di aplikasikan pada konsep rumah tropis adalah warna putih, sebagai alternative lain Anda bisa menggunakan warna lain misalkan hijau. Warna hijau juga dapat mengubah sudut pandang kita terhadap rumah tersebut, akan terlihat seperti pemandangan diluar. Sedangkan untuk pemberian warna putih juga penting, mengingat fungsi warna putih bisa memantulkan panas, sehingga rumah akan terbebas dari panas.

Penggunaan Furniture Bambu

Sebagai pelengkap untuk mendesain rumah tropis sebaiknya lengkapi dengan furniture dari bahan kayu atau bambu. Anda bisa mengganti jendela pembatas ruangan dengan jendela ukiran gaya tradisional akan membuat rumah Anda semakin unik dan menyenangkan. Tak lupa juga lengkapi dengan meja atau kursi dari kayu untuk menambah rasa sensasi pedesaan dalam rumah. Karena dengan suasana desa rumah akan lebih nyaman.

Sebagai kesimpulan terakhir agar rumah tropis minimalis Anda lebih nyaman, maka sebaiknya disekeliling rumah Anda ditanamai berbagai tanaman. Karena tanpa ada tanaman disekitar rumah, rumah Anda juga akan menjadi panas. Selain itu penggunaan karpet bisa Anda pakai desain karpet seperti rerumputan. Hal sederhana ini akan menjadikan rumah Anda lebih di sukai oleh siapapun yang berkunjung. Pada hakikatnya rumah tropis adalah rumah yang berfungsi untuk menghindari dampak dari tropis itu sendiri, jika rumah Anda kurang kesejukannya bisa menambahi AC disetiap pojok ruangan.

Rumah tropis sangat berguna bagi siapapun yang tinggal didaerah tropis kecuali bagi yang tinggal di pegunungan, tidak perlu menggunakan AC, karena hawa nya sudah sejuk sekali. Semoga beberapa tips mendesain rumah tropis minimalis bisa bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar maupun follow blog, pasti saya kunjungi balik dan folback. Komentar dengan link hidup, iklan, dan spam, terpaksa kami hapus
matur nuwun :)

Powered by Blogger.